Abstrak Skripsi “Nilai-Nilai Budaya Dalam Novel Empat Sekawan Dan Cinta Karya Antonius Tanan Dan Fanny J. Poyk”

abstrak

Skripsiku.net – Abstrak merupakan bagian dari skripsi yang menggambarkan sekilas tentang keseluruhan isi skrispi yang kita buat. Berikut contohnya:

 

ABSTRAK

 

Zuhri, Ahmad Syaifudin. 2012. Nilai-Nilai Budaya Novel Empat Sekawan dan Cinta Karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk (Pendekatan Fenomenologis). Skripsi. Lamongan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.  Pembimbing  (I)  Drs.  H. Mustofa, M.Pd (II) Mohamad Subhan, M.Pd.

 

Kata kunci: Nilai-nilai Budaya Novel Empat Sekawan dan Cinta Karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk

 

Sebagai salah satu dari hasil dari kebudayaan manusia, sastra juga tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai budaya. Para sastrawan biasanya secara tidak langsung menggambarkan aspek-aspek budaya itu dalam karya mereka. Hal ini disebabkan sastrawan juga tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai budaya tempatnya berada. Salah satu sasatrawan yang memasukkan nilai-nilai budaya dalam karya sastra adalah Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk melalui novelnya yang berjudul Empat Sekawan dan Cinta, menggambarkan aspek-aspek budaya masayarakat. Berdasarkan alasan tersebut penulis tertarik untuk mengkaji novel tersebut dari nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Masalah dalam penelitian ini, penulis fokuskan pada tiga permasalahan, yaitu: (1) Nilai Kesopanan, (2) Nilai Gotong Royong, dan (3) Nilai Individualisme.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dekriptif kualitatif. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah karya sastra dari Novel Empat Sekawan dan Cinta Karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk yang difokuskan pada nilai-nilai budaya yakni nilai Kesopanan, nilai Gotong Royong, dan nilai Individualisme dengan unsur fenomenologisnya. Sedangkan sumber datanya adalah yang ada dalam novel Empat Sekawan dan Cinta karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat untuk menganalisis . penulis menggunakan langkah-langkah (1) Membaca berulang-ulang Novel yang berjudul Empat Sekawan dan Cinta Karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk. (2) Mencatat data-data yang ada dalam sumber data yang berhubungan dengan masalah yang dikaji, dalam hal ini adalah nilai-nilai budayayang berorientasi pada nilai kesopanan, nilai gotong royong, serta nilai individualisme yang ada dalam novel. (3) Mengklasifikasikan data-data tersebut sesuai dengan tujuan penelitian. (4) Menganalisis data tersebut dengan cara deskripsi dan reflektif.

Berdasarkan dari hasil analisis dalam penelitian ini, dapat penulis simpulkan bahwa nilai-nilai budaya yang terkandung dalam novel Empat Sekawan dan Cinta karya Antonius Tanan dan Fanny J. Poyk adalah nilai Kesopanan yang meliputi: (1) Sikap ramah (2) Sikap menghormati, (3) Kepatuhan yakni patuh terhadap orang tua dan atasan, (4) Moral baik dan buruk. Nilai Gotong Royong meliputi: (1) Tolong menolong (2) Bekerja sama. Deskripsi nilai Individualisme adalah (1) Mandiri (2) Sifat egois (3) Rasa percaya diri.

Itulah contoh pembuatan abstrak Skripsi “Nilai-Nilai Budaya Dalam Novel Empat Sekawan Dan Cinta Karya Antonius Tanan Dan Fanny J. Poyk”

Leave a Reply