Abstrak skripsi “Ragam Bahasa Iklan dalam Pemfokusan Kalimat Iklan Bahasa Indonesia di Surat Kabar Jawa Pos Edisi Bulan Juni-Juli 2012”

ABSTRAK

Maghfiroh, Anisa’ul. 2012. Ragam Bahasa Iklan Dalam Pem fokusan Kalimat Iklan Bahasa Indonesia Di Surat Kabar Jawa Pos Edisi Bulan Juni-Juli 2012. Skripsi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing: D.rs. H. Mustofa, M.pd dan M. Subhan, M.pd.

Adanya ragam bahasa Indonesia iklan yang ada disebabkan oleh pemanfaatan daya retorik bahasa, yang dimanfaatkan secara terencana oleh para usahawan dalam menawarkan barang-barang prodksinya. Keberadaan bahasa Indonesia ragam iklan dipahami sebagai salah satu ragam bahasa Indonesia yang mandiri sehingga dapat diteliti secara faktual kehadiran ragam bahasa Indonesia ragam iklan dapat diamati secara langsung dalam surat kabar, misalnya majalah atau terbitan berkala lainya yang menggunakan bahasa indonesuia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pemfokusan kalimat iklan dalam ragam bahasa Indonesia  di surat kabar Jawa Pos edisi bulan Juni-Juli 2012, dan (2) Jenis-jenis peranti fokus apa saja yang digunakan dalam kalimat ragam bahasa Indonesia iklan di surat kabar Jawa Pos edisi bulan Juni-Juli 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) jenis–jenis pemfokusan yang digunakan dalam kalimat ragam bahasa Indonesia iklan surat kabar Jawa Pos, (2) jenis-jenis piranti fokus yang digunakan dalam kalimat ragam bahasa iklan surat kabar Jawa Pos. sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat atau kata kunci yang terdapat pada bagian head line yang merupakan kunci dari sebuah iklan. Dinilai sebagai inti suatu iklan dan mempunyai sifat mandiri.

Berdasarkan hasil penelitian secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa bahasa iklan disurat kabar Jawa Pos edisi bulan juni-juli 2012, yakni menggunakan tiap jenis pemfokusan diantaranya yakni pemfokusan Subjek, pemfokusan predikat, pemfokusan objek, pemfokusan keterangan dan pemfokusan tanya dan piranti fokus yang digunkan yakni piranti penanda fokus dan piranti posesif-nya. Dan hasil penelitian secara kualitatif dapat disimpulkan bahwa ragam bahasa Indonesia iklan surat kabar Jawa Pos edisi bulan Juni-Juli 2012, beriisi tentang sebuah ajakan atau penawaran berbagai barang dan jasa oleh sebuah perusahaan yang tidak sembarang menggunakan kata atau kalimat, mereka menggunakan tatanan kalimat yang baik dan jelas yang mudah dipahami oleh para konsumen dan mengandung ajakan halus kepada para konsumen untuk membeli jasa yang ditawarkan oleh para pengusaha. Dan piranti fokus yang telah digunakan ini merupakan alat yang berupa kata atau kalimat yang difokuskan dalam iklan sebagai alat untuk menawarkan jasa agar iklan itu lebih dipahami dan dimengerti oleh para konsumen.

 Dengan demikian bahwa teks iklan yang efektif dan efisien adalah kalimat iklan yang menggunakan pemfokusan subjek, pemfokusan predikat, pemfokusan objek dan pemfokusan keterangan, serta menggunakan piranti penanda fokus dan piranti posesif-nya. Karena piranti tersebut merupakan alat penegasan pada pihak konsumen.

Leave a Reply