Bab 3 Skripsi “NILAI–NILAI BUDAYA DALAM NOVEL AMIRA : CINTA DARI TANAH SURGA KARYA SULIWE “

BAB III

METODE PENELITIAN

 

  • Pendekatan Penelitian

Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra bersifat kualitatif deskriptif. Dikatakan demikian karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan bukan angka-angka. Penelitian ini tidak memakai perhitungan matematik.

Sosiologi sastra adalah ilmu yang mempelajari karya sastra berdasarkan realitas sosial (Sutardi, 2011:80). Asumsi ini karena karya sastra dilahirkan tidak dalam kekosongan budaya. Penelitian sosiologi sastra yang membahas aspek sosiobudaya merupakan gabungan antara aspek sosial dan budaya dalam sastra. Pesan budaya menjadi sentral ekspresi sastra. Maka mempelajari karya sastra, tidak akan lepas dari budaya dan masyarakatnya. Budaya merupakan getaran yang dapat menggerakkan imajinasi. Budaya itu gambaran tentang hidup manusia di masyarakat. Mempelajari budaya lewat sastra dan masyarakat, akan menemukan hakikat hidup manusia dan nilai-nilai budaya yang melekat di dalamnya (Endraswara, 2011:186).

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain., secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata- kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah (Moleong, 2005:2). Selanjutnya penelitian bersifat deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk menggambarkan secara sistematis mengenai fakta dengan karateristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Maksudnya, dalam penelitian mementingkan hasil, dan hasil dalam penelitian ini merupakan deskripsi yang berupa kutipan kata- kat yang  dikutip dari kumpulan sumber data yang ada. Dari hasil data tersebut dapat diketahui gambaran struktur novel Amira: cinta dari Tanah Surga karya Suliwe serta nilai-nilai budaya di dalamnya.

  • Data dan Sumber Data
    • Data

Data dalam penelitian ini adala cuplikan-cuplikan teks yang menggambarkan struktur intrinsik karya sastra dan nilai-nilai budaya dalam novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga karya Suliwe.

  • Sumber Data

Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa karya fiksi yang berbentuk novel yang berjudul Amira: Cinta Dari Tanah Surga karya Suliwe. Novel ini diterbitkan oleh Gema Insani pertama kali pada tahun 2011 dengan tebal 230 halaman.


  • Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitiana ini adalah teknik pencatatan. Teknik pencatatan adalah teknik yang sangat penting dalam penelitian kualitatif. Hal ini disebabkan karena pada umumnya sumber data yang ada dalam penelitian kualitatif adalah berupa kata-kata, dan objek dalam penelitian ini adalah buku pustaka yang berupa novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga karya Suliwe.

Adapun langkah-langkah dari teknik pencatatan yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut: (1) Membaca sumber data, (2) Mencatat data-data yang ada dalam sumber data yang berhubungan dengan masalah yang dikaji, dalam hal ini adalah gambaran struktur intrinsik novel Amira: Cinta dari Tanah Surga karya Suliwe dan nilai-nilai budaya di dalamnya, (3) Mengklasifikasikan data-data tersebut sesuai dengan tujuan penelitian, (4) Menganalisis data tersebut dengan cara deskripsi, (5) Menyimpulkan data.

  • Instrumen Pengumpulan Data

Instrumen adalah alat yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah. Selain itu, hasilnya menjadi lebih baik. Alat atau instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya fiksi berupa novel Amira: Cinta Dari Surga karya Suliwe dan lembar korpus data yang berisi transkripsi data yang digunakan dalam analisis data.

Berikut contoh lembar korpus data:

No. Kode Data Kutipan Keterangan
       

 

  • Teknik Analisis Data

Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dan teknik analisis deskripsi.

  • Analisis Isi

Analisis isi digunakan untuk mengetahui isi novel tersebut berhubungan atau tidak dengan masalah yang telah peneliti rumuskan. Peneliti terlebih dahulu harus membaca novel, serta memahami isinya dengan cermat. Karena itu, teknik ini digunakan, yakni untuk menganalisis cuplikan-cuplikan novel yang menggambarkan struktur novel dan nilai-nilai budaya dalam novel Amira: Cinta Dari Surga karya Suliwe. Data-data yang telah terkumpul berdasarkan pokok permasalahan dalam penelitian ini ditafsirkan berdasarkan teori yang digunakan.

  • Analisis Deskripsi

Teknik analisis deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis isi yang telah diperoleh, yaitu isi data yang berhubungan dengan struktur intrinsik karya sastra dan nilai-nilai budaya dalam novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga karya Suliwe.

Teknik analisis data di atas dilakukan dengan melalui tahap-tahap sebagai berikut:

  • Tahap Identifikasi

Tahap ini dilakukan di mana data novel diidentifikasi berdasarkan kriteria struktur intrinsik novel dan nilai-nilai budaya di dalamnya. Peneliti memberi tanda berupa cetak miring serta cetak tebal pada kata atau kalimat yang mengandung kriteria-kriteria tersebut.

  • Tahap Kodifikasi.

Tahap ini adalah tahap pemberian kode sebagai lambang dari sebuah kata atau kalimat yang sudah diidentifikasi. Berikut contoh kodifikasi :

Catatan
NA/Tm/Hal NA : Novel Amira
NA/Pnk/Hal Tm  : Tema
NA/Alr/Hal Pnk : Penokohan
NA/Ltr/Hal Alr: Alur
NA/NB/Hal Ltr: Latar
NB: Nilai Budaya
Hal  : Halaman
  • Tahap Interpretasi.

Tahap ini merupakan tahap menafsirkan data yang telah diidentifikasi menurut kriterianya. Data yang telah diidentifikasi tersebut akan diinterpretasikan menurut kriteria tema, penokohan, alur, latar, dan nilai budaya.

  • Tahap Penyimpulan.

Tahap ini dilakukan sebuah penyimpulan hasil interpretasi data, yaitu stuktur intrinsik novel dan gambaran nilai-nilai budaya yang terkandung dalam novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga karya Suliwe. Dengan menggunakan teknik di atas akan memudahkan peneliti melakukan klasifikasi dan akhirnya peneliti akan menemukan simpulan.

Leave a Reply