Bab 5 dan daftar Pustaka “Ragam Bahasa Iklan dalam Pemfokusan Kalimat Iklan Bahasa Indonesia di Surat Kabar Jawa Pos Edisi Bulan Juni-Juli 2012”

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dalam Bab 1 sampai dengan Bab 1V, dalam Bab V ini akan dikemukakan simpulan hasil penelitian dan saran-saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini. Simpulan dan saran tersebut disajikan secara berurutan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.

 

5.1               Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada Bab 1V dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Ragam bahasa Indonesia iklan surat kabar Jawa Pos edisi bulan Juni-Juli 2012 memanfaatkan jenis-jenis pemfokusa, yaitu pemfokusan subyek, pemfokusan predikat, pemfokusan obyek, pemfokusan keterangan dan pemfokusan tanya.
  2. Ragam bahasa Indonesia iklan surat kabar Jawa Pos edisi bulan Juni-Juli 2012, beriisi tentang sebuah ajakan atau penawaran berbagai jasa oleh sebuah perusahaan yang tidak sembarang menempatkan sebuah kata atau kalimat, melainkan mereka menggunakan tatanan-tatanan kalimat yang baik dan jelas yang yang mudah dipahami oleh para konsumen dan mengandung ajakan halus kepada para konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
  3. Jenis-jenis peranti fokus yang digunakan dalam pemfokusan kalimat ragam bahasa Indonesia iklan adalah peranti pemindahan, peranti penanda fokus, peranti posesifnya, peranti pengomtrasan dan peranti kata tanya. Adapun manfaat peranti fokus dalam penggunaan kalimat iklan Jawa Pos ini dikarenakan pengusaha ingin menonjolkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dan peranti fokus ini merupakan alat yang berupa kata atau kalimat yang difokuskan dalam iklan sebagai alat untuk menawarkan jasa agar agar iklan itu lebih dipahami dan dimengerti oleh para konsumen.
  4. Berdasarkan ciri-ciri ragam bahasa Indonesia yang baik maka iklan-iklan yang terdapat pada Bab 1V sudah sesuai dan termasuk dalam kategori sebagai iklan yang baik menurut ragamnya.

 

  • Saran

Berdasarkan pembahasan dan hasil kesimpulan penelirtian pada bagian ini penulis kemukakan beberapa saran yang ditujukan pada perusahaan pembuat iklan, pada pembaca, dan pada penulis lain. Hal tersebut diuraikan berikut ini.

  1. Kepada perusahaan pembuat iklan disarankan agar memanfaatkan pemfokusan dan peranti fokus dalam penyusunan teks iklan dengan demikian barang yang diiklankan akan lebih menarik minat pembaca karena disajikan dengan susunan struktur kalimat yang baik.
  2. Kepada pembaca disarankan agar membaca secara kretis sehingga diharapkan dapat memberi sumbangan atau masukan yang positif dan memberi sumbangan yang berarti pada perkembangan penelitian kebebasan dan pada pihak-pihak lain yang menggunakan bahasa Indonesia ragam iklan surat kabar.
  3. Kepada penulis lain disarankan agar mengadakan penelitian lanjutan, aantara lain (1) mengadakan penelitian dengan memperbnyak penelitian, (2) meneliti pemfokusan dan peranti fokus kalimat iklan dalam media lain seperti radio atau televisi, (3) meneliti gaya bahasa yang digunakan dalam bahasa iklan dan, (4) meneliti pemfokusan dan peranti fokus bahasa iklan dari segi intrinsik dan ekstrinsik.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zaenal. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia. Akademika Presindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka  Cipta.

Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Cahyono, Bambang Yudi. 1995. Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga University Press.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Effendi, Asep. 2004. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia. Erlangga.

Hakim, Budiman. 2007. Ngobrolin iklan yuk!. Yogyakarta: Galangpress.

Moleong, Lexi. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pateda, Mansur. 1990. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Ramlan. 1887. Sintaksis. CV Karyono-yogyakarta.

Samsuri. 1982. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sobur. Alex. 2009. Analisis teks media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Subhan Muhamad.              . diktat kuliah retorika.

Suhandang, kustadi. 1983. Jurnalistik publik dan media. Bandung: Sinar Baru.

Sumadiria, Haris. 2010. Bahasa Jurnakiatik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Sudjana, Nana. 2011. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru algensindo.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa

Leave a Reply