SINOPSIS “BAK RAMBUT DIBELAH TUJUH”

Novel bak rambut dibelah tujuh karya muhammad makhdlori berkisah tentang zarimah, seorang gadis cantik, shalihah dan cerdas. Meskipun orang tuanya (pak somad dan mak mirah) orang miskin, zarimah tetap tidak putus asa dengan kondisinya dan bertekad untuk membebaskan keluarganya dari belenggu kemiskinan. Zarimah adalah satu-satunya gadis dikampung yang bisa menyelesaikan pendidikan tinggi diperguruan ternama seringkali zarimah menerima cercaan dan makian dari para tetangganya yang mengukur derajat manusia dari uang bukan dari ilmu pengetahuannya. Jamal seorang juragan padi yang beristri lebih dari satu sering menggoda zarimah untuk dijadikan istri kesekiannya. Tapi zarimah menolak karena melihat perangai jamal yang tidak baik.

Dukuh giring, dijalan pantura adalah kompleks pabrik dan wanita tuna susila, akan tetapi daerah lembah hitam itu dilindungi oleh aparat desa setempat. Opek adalah pemuda pengangguran yang selali berpakaian necis, tidak pernah absen nongkrong ditempat itu, begitu pula labeh. Mereka bersama teman-temanya mempunyai niat tidak baik terhadap zarimah, ingin merampas kesucian zarimah tentunya. Suatu hari bapaknya menghendaki zarimah menerima pinangan jamal, kalau zarimah menolaknya berarti bapaknya akan kehilangan pekerjaanya karena pak somad bekerja di sawah milik jamal. Dibalik pertengkaran dengan bapaknya, zarimah merasa ada yang janggal. Lambat laun diketahui bahwa ia bukan anak kandung dari pak somad dan mak mirah. Ia hanya anak dari wanita muda yang terzalimi, yang telah direnggut kesuciannya oleh Untoro (Pak Rush).

Diruang tengah rahmat, ujang dan mak mirah sedang membicarakan tentang pengusiran warga terhadap nirmala karena dituduh merebut suami para tetangganya. Terutama bu zubaidah, rukoyah, dan bu siwi yang sangat membencinya. Lalu nirmala berniat pergi dari kampung tersebut. Dia akan pergi ke malaysia menjadi TKW dan zarimah dititipkan ke panti asuhan, tapi setelah empat tahun nirmala menitipkan zarimah ke mak mirah. Pak rush bertingkah aneh, ia teringat masa lalunya yang telah membuat seorang gadis yang bernama Nirmala menjadi tidak suci, saking sikapnya pak rush yang aneh, hal itu membuat sekretarisnya, bu lili yang centil dibuat bingung. Saat pak rush hendak mencari nirmala, istrinya sangat bahagia karena bisa berbuat serong dengan ujang ( kaki tangan pak rush) mengingat peristiwa tragis yang pernah di lakukan, pak rush demikian terpekik dalam kesedihan dan kepiluhan yang sukar dilenyapkan. Sesampai di dukuh giring pak rush tidak menemukan nirmala, malah dia mendapat kabar bahwa isterinya lari menggondol hartanya bersama ujang.

Basri dan zarimah merasakan perasaan yang sama diantara mereka,yakni kasih sayang yang suci. Saat dijalan baqri tidak sengaja menabrak ibu-ibu yang sedang berjalan yang tak lain adalah nirmala. Tapi baqri tidak tau jika nirmala adalah ibunya zarimah. Hari berikutnya baqri mengajak pak rush untuk menjenguk ibu itu. Setiba dirumah sakit terkejutlah pak rush bahwa yang ditabrak oleh baqri adalah nirmala, orang yang selama ini dicari oleh nya. Akan tetapi nirmala masih tak sadarkan diri . setelah nirmala sadar dia tidak serta merta langsung mengenali pak rush setelah pak rush memberi penjelasan barulah nirmala mengerti yang sebenarnya, bahwa untoro yang dulu telah merenggut kesuciannya ternyata pak rush yang dulunya memakai nama samaran.

Setelah melihat pengakuan dan niat pak rush yang tulus, nirmala akhirnya menikah dengan pak rush. Baqri memahami ada yang aneh dengan ibu tirinya,yaitu wajah ibunya mirip dengan zarimah. Entah kenapa bisa begitu, baqri pun merasa ada yang janggal. Zarimah yang mempunyai program tentang pendidikan bagi desanya sangat disibukkuan dengan kegiatan itu. Marni adalah seorang germo sekaligus bos pembuat pil koplo. Marni dan opek menyusun rencana jahat untuk memperdaya zarimah karena mereka tidak menyukai kegiatan zarimah yang diduga menghalangi bisnis pil koplonya. Mereka akan memfitnah zarimah dengan keji. Di tempat lain yang berbeda, zarimah dan baqri saling rindu.

Dunia hanyalah tempat dimana segala kesenangan ditetapkan untuk musnah. Didalamnya manusia melewati titian kehidupan, meniti waktu yang tajam, setajam rambut dibelah tujuh, hingga waktu yang ditentukan. Titian itu sungguh sangat tajam, sehingga kebanyakan para manusia tergelincir ketempat yang menistakan. Namun, tidak bagi manusia yang dibekali keimanan, ketajaman titian dalam kehidupan dilewati penuh kenyamanan dan kabahagiaan tanpa kekhawatiran. Itu sebagian golongan manusia yang mau memperhatikan ayat-ayat allah, sebagai petunjuk dan pelindung dari ketajaman titian kehidupan. Zarimah menyadari akan rentannya manusia hidup didunia yang sekali terpeleset jatuh dalam shirat kehidupan. Zarimah harus hati-hati dalam meniti titian kehidupan dunia, mesti persoalan cinta sekalipun. Segala segala yang ada didunia, manusia bisa saja tergelincir dengan cinta yang penuh nafsu, dengan cinta yang tak terkendali.

Saat baqri berkunjung ke dukuh digiring, zarimah yang sakit tengah difitnah oleh opek dan labeh. Mereka memfitnah zarimah dengan foto rekayasa. Dalam foto itu ada dua orang sedang melakukan hal yang tidak patut. Yang di isukan mirip dengan zarimah dengan lelaki gondrong. Akan tetapi baqri dapat membuktikan bahwa foto itu hanya rekayasa saja. Zarimah sangat berterima kasih pada baqri karena telah menolongnya. Selang waktu berlalu baqri memutuskan untuk menikahi zarimah. Tidak kalah penting setelah semua sudah teratasi adalah memberitahu ayahnya tentang acara itu. Saat hari H, baqri dan zarimah hendak melakukan ijab kabul dimasjid kampung zarimah, mereka menunggu pak rush ayah baqri. Setelah menunggu lama, mereka  belum juga datang. Lagipula bapak penghulu juga ada acara lain. Akhirnya ijab kabul pun dimulai, ditengah-tengah ijab qabul teriakan mak mirah menggagalkan pernikahan itu. Disamping mak mirah, berdiri Pak rush dan Bu nirmala.

Tak terima dengan penjelasan dari mak mirah bahwa mereka kakak beradik zarimah berlari keluar sambil menangis. Baik zarimah maupun baqri sangat shock dan terkejut sambil mengejar zarimah,baqri berniat menikah lari dengan zarimah. Tiba dijalan raya, zarimah hendak ditabrak mobil. Lalu orang-orang bertopeng keluar dari mobil iti dan menculik zarimah. Mobil penculik zarimah melaju dengan kencang, dibelakang ada mobil yang dikendarai pak rush, bu nirmala dan baqri. Ternyata penculik zarimah adalah marni,opek,labeh dan jhon. Yang duduk dibelakang kemudi.mereka berniat jahat terhadap zarimah karena zarimah adalah hambatan mereka dalam meluaskan bisnis pil koplonya. Sesampai digudang kosong zarimah diseret dengan paksa keluar dari mobil. Hampir saja mereka memperdaya zarimah, saat polisi masuk menggerebek mereka. Seluruh komplotan penculik zarimah diringkus polisi. Setelah keadaan membalik, zarimah dan baqri mulai menerima kenyataan yang sebenarnya bahwa mereka kakak beradik. Zarimah bangga mempunyai adik seperti baqri, begitu pula sebaliknya. Pak rush bersyukur atas semua itu dan bertekad membangun keluarga dengan sebaik-baiknya hingga tua nanti.

Leave a Reply