Cara yang Lebih Efektif Melakukan Tesis dengan Cepat

Siapakah dari kamu yang memasuki masa tesis? Nah, pas sekali buat kamu yang sangat pusing menghadapi tesis, CG! Ada beberapa tip agar bisa melakukan tesis dengan lebih efektif dan cepat. Tunggu apa lagi, baca artikel ini

1. Siapkan Diri Anda dan Pelajari Semua yang Berkaitan dengan Skripsi

Pada awal semester akhir, tesis menjadi kewajiban siswa untuk meraih wisuda. Karena itu, persiapkan diri Anda untuk fokus dalam membuat skripsi satu sampai dua semester sebelum memasuki semester akhir. Kita bisa menguasai diri dengan mencari judul atau topik yang akan diangkat, mempelajari teknik penyusunan proposal, dan sebagainya.

2. Buat Jadwal Rencana yang Tepat

Hal ini sangat penting bagi Anda yang sulit menciptakan aktivitas. Kita harus membuat semacam perencanaan untuk kegiatan kita yang terkait dengan proyek tesis ini yang lebih terstruktur. Kita bisa mengatur kapan kita harus bertemu dengan penasehat, mencari topik, mengunjungi perpustakaan, kapan waktunya melakukan tesis dan tenggat waktu tesis terakhir.

3. Lebih Aktif dengan Supervisor

Dosen bimbingan seperti bimbingan saat melakukan skripsi. Dia tahu kapan kita harus terus berjalan lurus, belok kanan, bahkan berhenti. Karena itu, jangan pernah malas untuk menghubunginya, mengunjungi tempat tinggalnya, dan aktif menanyainya banyak pertanyaan. Jangan ragu untuk meminta saran, buku apa yang menjadi referensi untuk membantu kita dalam melakukan skripsi.

4. Minimalkan Waktu Bermain

Mungkin sulit berhenti nongkrong bersama teman, tapi percayalah dengan mengurangi waktu bermain bersama teman bahkan dengan pacar, kita bisa punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan skripsi kita. Hal itu juga bisa diselesaikan sebelum waktu yang dijadwalkan jika kita fokus dan mengorbankan waktu. Siapa yang tahu pengorbanan ini bisa menghasilkan buah A + untuk nilai tesis kita dengan benar!

5. Carilah Motivasi Antusias!

Strategi lain yang membuat kita lebih efektif dalam melakukan skripsi adalah mencari motivasi yang membuat kita ingin cepat lulus kuliah. Kita bisa menampilkan foto kampus impian untuk S2 atau S3, foto orang tua Anda, foto-foto kantor impian dan banyak lagi. Cara ini bisa menjadi dorongan semangat semangat wisuda kita.

6. Selain Dosen, Minta Orang Lain untuk Memeriksa Tulisan Anda

Kesalahan yang sering terjadi saat menulis tesis adalah kesalahan penulisan atau typo dan penempatan kalimat yang kurang tepat. Jika Anda tidak merasa memiliki cukup waktu untuk memeriksa setiap halaman naskah Anda, mintalah teman, saudara, atau saudara senior Anda untuk membaca kembali tesis yang telah Anda ketik sebelum memberikannya kepada atasan. Mintalah mereka untuk memberi tahu Anda apa yang harus diperbaiki, jangan meminta mereka untuk memperbaiki tugas Anda, ya, karena jika Anda melakukan ini, Anda tidak akan mempelajari kesalahan yang Anda buat.

7. Cukup Istirahat!

Meski tesis yang sibuk tidak berarti kita setiap hari harus begadang, kita juga harus sempat beristirahat. Istirahat juga bisa melawan segala penyakit yang bisa membuat tesis jadi tersendat. Dengan kondisi tubuh yang sehat kita bisa melakukan tesis lebih cepat dan efektif benar.

Leave a Reply