Kurangi Nervous Sebelum Sesi Skripsi

1. Berdoa

Ini adalah klasik, tapi ini cara yang ampuh untuk menenangkan diri. Dengan berdoa kepada Tuhan, Anda bisa sekaligus bersyukur atas semua kehalusan yang Anda dapatkan sampai Anda bisa menyelesaikan tesis dengan baik.

2. Jagalah kesehatan

Jangan sampai sakit saat menghadapi tesis percobaan. Jika kesehatan Anda terganggu, ini bisa sangat mengganggu proses tesis percobaan. Makan makanan bergizi. Hindari makanan yang kurang sehat, seperti mi instan, gorengan, es, dan sebagainya. Anda harus sangat memperhatikan kesehatan Anda.

3. Membaca ulang literatur

Sebelum menghadapi uji coba tesis, Anda harus meninjau literatur yang Anda masukkan dalam tesis. Meski sudah menguasainya, namun proses menyelesaikan tesis yang panjang bisa membuat Anda melupakan beberapa hal.

4. Cari informasi dari dosen pemeriksa

Anda harus mencari tahu siapa dosen yang akan mengujimu saat persidangan. Paling tidak, begitu Anda mengetahuinya, Anda akan merasa lebih baik secara mental menghadapi dosen saat persidangan berlangsung. Jika perlu, Anda bisa mengetahui karakter dosen saat menguji mantan artis Anda.

5. Latihan presentasi

Anda bisa menguji slide presentasi Anda di depan teman terdekat Anda. Mintalah teman Anda untuk memberikan saran dan kritik sebagai masukan untuk Anda. Ukur waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan presentasi. Hal ini diperlukan agar Anda dapat memperkirakan waktu yang Anda habiskan di persidangan.

6. Siapkan pakaian yang akan Anda kenakan

Untuk meringankan stres, Anda bisa mengisi waktu dengan menyiapkan pakaian yang akan Anda kenakan saat uji coba nanti. Pilih baju formal dan rapi tapi tetap nyaman. Penampilan yang baik akan membuat Anda lebih percaya diri saat menjalani uji coba tesis.

7. Istirahat

Jangan forsir tubuh dan pikiran Anda untuk menghadapi percobaan tesis. Lakukan sedikit refreshing dengan keluarga atau teman dekat. Cara ampuh ini untuk menghilangkan stres menjelang persidangan. Pikiran segar akan membuat Anda lebih tenang saat menghadapi dosen.

Leave a Reply