Mengatasi Sengsara Pada Sidang skripsi

Anda tidak bisa berjalan ke pertemuan penting saat membaca panduan percaya diri, atau memanggil mentor Anda pada saat terakhir.

Jadi di bawah ini saya mencoba berbagi dengan Anda beberapa tip yang bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan cepat dalam hitungan detik:

1. Senyum

Tersenyum adalah tip 1 detik jika Anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika merasa bahagia dan percaya diri, jika tidak Anda bisa tersenyum membuat diri Anda merasa lebih baik. Senyum yang erat kaitannya dengan perasaan positif membuat hampir tidak mungkin merasa tidak enak saat Anda tersenyum.

Tersenyum lebih dari sekadar menunjukkan ekspresi di wajah Anda. Senyum melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah Anda, membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri. Anda juga akan tampil lebih percaya diri di depan orang lain saat Anda tersenyum.

2. Awasi orang lain

Sama seperti dengan senyuman, lihat ke mata semua orang di ruangan itu. Berikan senyummu dan yakin mereka akan membalas senyumanmu; dan senyum yang diberikan oleh orang lain dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dengan cepat. Mirip dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa Anda percaya diri. Menatap sepatu atau meja Anda mendorong perasaan Anda menjadi ragu dan malu. Kiat ini sangat berguna untuk situasi kerja; Lakukan kontak mata dengan orang yang sedang mewawancarai Anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi Anda.

“Kontak mata membantu Anda menghilangkan rasa takut jika Anda berbicara di depan umum dan membawa Anda lebih dekat kepada lawan bicara Anda. Stres adalah perasaan yang berasal dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberi pembicara gagasan tentang realitas yang tidak ada selain kontak orang lain. Kontak mata juga membantu menarik minat orang lain. “(Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubah Suara Dalam Diri Sendiri

Sebagian besar dari kita memiliki suara hati yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak memadai, terlalu gemuk, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan untuk mengubah suara hati Anda adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan diri dari dalam. Jadikan suara hati Anda sebagai teman pendukung yang mengenal Anda dengan baik dan mengenal talenta Anda, dan ingin Anda mencapai yang terbaik.

4. Lupakan Standar Orang Lain

Terlepas dari situasi yang membuat Anda mengalami krisis percaya diri, Anda dapat membantu diri Anda sendiri dengan tetap mengikuti standar yang Anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan Anda, dan tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang menyebut Anda gemuk, kurus, malas, membosankan, pelit, konyol, dsb. Berdiri dengan standar yang Anda miliki, bukan standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah bahwa nilai dan standar umumnya berbeda di masyarakat; Anda tidak harus menerima nilai dan standar itu hanya karena orang-orang di sekitar Anda menerimanya.

5. Tampera Serapih Mungkin

Meski Anda hanya punya sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan Anda terlihat rapi. Sisir rambut Anda, cuci muka, perbaiki riasan Anda, luruskan kerah Anda, pastikan tidak ada makanan yang tersisa di gigi Anda. Semua hal ini bisa membuat perbedaan antara kepercayaan diri terhadap penampilan dan ketakutan Anda terhadap penampilan Anda.

“Perbaiki penampilan fisik Anda, ini adalah fakta bahwa penampilan seseorang berperan penting dalam membangun harga diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki di dalam diri kita yang penting, penampilan fisik Anda menentukan kesan orang untuk Anda.” (Membangun Blokir ke Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Berdoa atau Renungkan sejenak

Jika Anda percaya kepada Yang Maha Kuasa, dengan mengatakan bahwa doa dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda (Anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu Anda mundur sejenak dari situasi yang serba cepat dan mencari pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply